Mari berdendang & bernyanyi !

____

12/03/2017

Chaos;Child

Anime ini mengisahkan tentang perkumpulan klub yang hendak memecahkan suatu misteri yang kembali terjadi setelah tertidur selama 6 tahun silam. Dalam anime juga membuat kita akan terus berpikir, sebenarnya kenyataannya itu seperti apa sih. Jadi menurut penulis untuk mengetahui alur dari Anime Chaos:Child ini kita harus melihat anime ini berkali-kali, bahkan lebih dari tiga kali. Karena kasus ini sangat rumit sekali. Ditambah kenyataan pada anime ini sangat-sangat menyesakkan.
.
Takuru Miyasiro adalah tokoh utama disini. Ia adalah orang yang sangat tertarik terhadap kasus-kasus yang sedang terjadi. Apalagi kasus ini seperti menyangkut dengan kejadian 6 tahun yang lalu. Ia berusaha mengungkapkannya dengan teman-temannya.
Director by | Masato Jinbo
Licensors | FUNinmation Entertainment
Music  | Takashi Abo, Onoken
Producers | Kadokawa Shoten, Glovision, AT-X, 5pb.
Studio | Silver Link.
Original Run | January 11, 2017 - April 5, 2017
Genres | Sci-Fi, Harem, Mystery, Psychological, Supernatural
Source | Visual Novel
Premiered | Winter 2017
Rating | 6.55 (myanimelist.net)
Status | Finished
Episodes | 12

Chaos;Child

Chaos;Child bercerita tentang perkumpulan klub berita yang sedang meneliti tentang kasus yang misterius di kota Shibuya. Kasus tersebut cukup rumit, bahkan pihak berwenang dalam memecahkannya pun kesulitan. Perkiraan mereka kasus yang sedang terjadi sama seperti kasus pada 6 tahun yang lalu yang menjangkit di kota Shibuya. Adalah Takuru Miyashiro yang sangat-sangat antusias mengenai kasus ini.
.
Takuru Miyashiro sendiri adalah seorang anak yang hidup sendirian di sebuah rumah seperti kontrakkan atau sejenisnya. Ia masih SMA, namun pemikirannya hampir seperti orang dewasa. Rasa ingin tau yang cukup tinggi justru membuatnya terlibat dalam kasusnya sendiri.
.
Ia memiliki beberapa teman yang membantunya. Itou selalu menuruti perintahnya. Lalu ada Onoe yang selalu mengikutinya kemana saja. Kurusu Nono, yang menjadi wakil ketua. Dan lain-lain.
  • Chaos;Child Episode 00-01 Subtittle Indonesia
Karena rasa takutnya akan pembunuhan itu, ia bersembunyi di sebuah tempat. Tempat yang seperti kargo yang sering ada di pelabuhan. Selang beberapa waktu adiknya dibunuh. Bagian tubuh adiknya juga hilang. Nishijou mendapatkan sebuah kiriman yang aneh di dalam kargonya ketika menelpon adiknya. Ternyata selain ada handphone milik adiknya di dalam tas itu juga terisi bagian tubuh adiknya.
.
Nishijou merasa frustasi setelah mendengarkan penjelasan-penjelasan dari temannya. Ia diduga menciptakan sesuatu yang mengerikan, walaupun ia tidak merasa membuat monster itu. Namun monster itu lahir karena coretan-coretan yang dibuatnya. Karena tidak kuat menahan frustasi, ia berkata ke publik bahwa dirinya-lah aktor dibalik pembunuhan kasus Generasi Baru alias 'Mata itu... Mata siapa?'. Orang-orang langsung menghajarnya. Kemudian terjadilah gempa di Shibuya. Cahaya putih juga terlihat saat itu. Seorang anak kecil berkaca mata juga melihat itu.
.
Pada Episode 01, kembali menceritakan sebuah kasus aneh. Kasus tersebut sempat berhenti 6 tahun yang lalu setelah gempa. Ada sebuah klub berita yang sedang meneliti tentang kasus tersebut. Adalah Takuru Miyashiro yang sangat antusias dengan kasus itu. Ia mengajak teman-temannya untuk menuntaskan kasus itu.
.
  • Chaos;Child Episode 02 Subtittle Indonesia
Hinae Arimura, kemarin ia kepergok oleh Takuru dan Onoe saat berada di Love Hotel. Kali ini Takuru sedang memata-matai Arimura yang sedang mengobrol dengan seorang laki-laki aneh. Ketika menguping pembicaraan mereka, Takuru mendapat informasi yang cukup banyak tentang kasus tersebut.
.
  • Chaos;Child Episode 03 Subtittle Indonesia
Takuru memutuskan untuk menuruti permintaan Kurusu. Ia akan tinggal lagi bersama seperti dulu ketika mereka masih kecil. Sebelum tidur, Kurusu mencertitakan kejadian-kejadian yang ada dirumah. Ia menceritakan bahwa adiknya Yuuto mendapati banyak surat cinta. Karena hal tersebut Yuuto diganggu oleh temannya. Yui dengan sigap ingin melindungi Yuuto.
.
Kurusu juga bercerita tentang kondisi ayah mereka. Kondisi rumah juga. Ia juga mengenang masa lalu mereka. Hal tersebut membuat Takuru meneteskan air mata. Ia kenang kembali awal kenapa ia masuk pada panti itu. Ia mengingat masa lalunya. Ia utarakan alasannya kenapa ia pergi dari panti.
.
Pembunuhan selanjutnya adalah saat hari pembukaan pagelaran Festival Budaya ketiga Akademi Hekihou. Watabe-san yang seharusnya berpidato saat pembukaan festival justru mengalami peristiwa yang aneh. Ia muntahkan semua stiker yang berada di dalam perutnya. Di saat setelah itu Shinjou mengatakan sesuatu yang benar. Disetiap semua kasus yang terjadi, Takuru dan yang lainnya selalu terlibat. Ketika di Love Hotel, Takuru dan Onoe terlibat dalam kasus pembunuhan. Pada saat Kurusu mengambil kamera tersembunyi, semua anggota klub berita terlibat. Lalu kasus yang baru saja terjadi, Watabe-san, mereka lagi lagi terlibat. Hal tersebut membuat tim penyidik merasa curiga bahwa ini semua bukanlah kebetulan. Ada hal lain seperti mereka sedang diincar atau justru salah satu dari mereka adalah otak dibalik semuanya.
.
  • Chaos;Child Episode 04 Subtittle Indonesia
Mereka masuk dan menuju ke ruangan bawah tanah rumah sakit. Tiba-tiba ada seseorang yang akan datang. Dengan terpaksa karena tersudutkan, mereka langsung bersembunyi di dalam ruang otopsi. Dengan sangat terpaksa dan menahan rasa takutnya, mereka bersembunyi di sebuah loker yang berisi mayat.
.
Orang-orang tersebut masuk ke ruang rahasia dimana hanya seorang gadis tadi yang memiliki akses ke ruang tersebut. Namun ternyata pintu tersebut tidak tertutup dengan baik karena ada kain yang mengganjal. Lagi-lagi mereka beruntung dapat masuk menuju ruang bawah yang sangat rahasia itu.
.
Ketika turun kebawah Takuru merasa mengingat sesuatu. Seperti ia pernah masuk diruang itu. Seperti ia pernah melihat seorang gadis yang sedang dipaksa untuk dijadikan kelinci percobaan. Ia berteriak karena otaknya kesakitan. Tergambarkan bahwa teman-temannya dalam bentuk tubuh yang terpotong-potong. Ia berteriak sangat kencang. Tiba-tiba Kunosato membungkam mulut Takuru. Ternyata semua yang dialaminya adalah ilusi dan imajinasinya saja.
.
Kunosato-san merasa aneh karena timnya tidak dapat menyelidiki apalagi masuk ke dalam ruangan tersebut. Namun dengan mudahnya mereka sudah bisa masuk. Agar mereka tidak melakukan kekacauan sehingga ia gagal mendapatkan tujuannya, Kunosato-san mengajak mereka untuk bersama-sama menyelidiki tempat itu.
.
  • Chaos;Child Episode 05 Subtittle Indonesia
Uki Yamazoe sangat ingin kembali ke tempat rumah sakit itu. Ia entah kenapa ingin tinggal disana bersama manusia-manusia yang ia rawat. Ia terus memaksa untuk kembali dan menjaga manusia-manusia itu. Akhirnya diputuskan bahwa ia akan dibawa ke panti asuhan demi kebaikannya. Namun ada masalah setelah itu. Kemampuan Uki dapat membuat orang yang membawanya terkecoh. Dan ia berhasil kabur.
.
Arimura menjelaskan hal baru yang belum diketahui oleh Takuru dan teman-temannya. Diduga kemampuan tersebut adalah kemampuan khusus. Hanya sebagian orang saja yang memilikinya. Kemampuan itu adalah gigalomaniacs. Kemampuan psikis yang tiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Misteri tentang selalu terbukanya pintu Takuru terkuak. Diduga Takuru juga memiliki kemampuan psikis dimana ia bisa membuat benda disekitarnya bergerak sesuai dengan kemauannya.
.
Sebagai contoh adalah saat ia berada di Love Hotel dengan Onoe. Saat itu pintu hotel terkunci, namun entah kenapa bisa terbuka secara sendirinya. Diduga itu adalah perbuatan kemampuan psikis Takuru yang sangat menginginkan pintu itu terbuka. Lalu terbukanya pintu rumah sakit. Juga sebuah kain yang tiba-tiba mengganjal di pintu agar pintu tidak tertutup rapat, semua itu adalah perbuatan dari Takuru. Kunosato menganggap bahwa kemampuan itu adalah telekinesis atau psikokinesis.
.
Arimura Hinae juga menunjukkan kemampuan psikisnya. Yaitu ia bisa membaca apakah ucapan ini bohong atau tidak. Selanjutnya Kunasato menjelaskan tentang kekuatan psikokinesis milik Takuru. Takuru ternyata bisa membuat delusi menjadi kenyataan. Delusi yang awalnya adalah ilusi atau imajinasi (gampangnya) milik Takuru, yang hanya bisa dilihat olehnya saja, bisa menjadi nyata dan dilihat oleh semua orang.
.
  • Chaos;Child Episode 06 Subtittle Indonesia
Ada seseorang di depan pintu. Nono meminta adiknya, Yui, untuk membukakan pintu. Yui mengangguk tanda siap laksanakan. Ketika dibuka Yui terkejut karena melihat Yamazoe Uki datang. Uki adalah teman sd Yui sebelum terjadi gempa Shibuya pada 6 tahun silam. Artinya Uki dan Yui adalah setara, atau dalam bahasa jawanya sebaraan atau bisa jadi seumuran. Namun anehnya Uki tidak bertambah tinggi sedikitpun. Ia masih sama seperti dulu. tak ada perbedaan dan perubahan sama sekali. Yui sedikit tidak mengingat masa lalunya. Dr Sakuma memberikan beberapa pertanyaan kepadanya, dan hanya ditemukan bahwa saat gempa 6 tahun silam membuat Uki menjadi tak dapat tumbuh.
.
Di dalam klub berita, Takuru dan kawan-kawannya mulai sedikit mengetahui sesuatu lagi. Yaitu sasaran yang akan menjadi korban pembunuhan selanjutnya. Kalau bukan Takuru, Arimura, atau Uki. Mereka menduga psikokinesis adalah pelaku dari setiap pembunuhan tersebut, karena beberapa bukti mengarah padanya. Takuru diberitahu oleh Shinjou-san bahwa ada gadis yang mirip dengan psikokinesis tersebut di daerah Stasiun Shinsen. Gadis tersebut tidak dapat ditangkap oleh keamanan dan tidak dapat dilacak keberadaannya sekarang, namun terdapat kartu pengenal yang jatuh disana dengan id Senri Minamisawa. Gadis psikokinesis mirip dengan wajah Senri Minamisawa 6 tahun yang lalu. Mereka menduga bahwa Senri Minamisawa masih hidup, tidak meninggal seperti apa yang diberitakan. Laboratium bawah tanah rumah sakit saja menyatakan bahwa Senri telah menghilang bukan meninggal. Dugaan mereka semakin jelas dengan adanya gadis pyrokinesis yang mirip dengannya. Kesimpulannya, Senri Minamisawa adalah gadis pengguna api itu. Walaupun bukti belum terlalu kuat, tetapi keduanya memang tampak sangat mirip.
.
  • Chaos;Child Episode 07 Subtittle Indonesia
Shinjou-san beserta timnya menemukan seorang gadis yang meninggal dengan besi menancap dari mulutnya hingga ke bawah tubuhnya dan disertai dengan luka bakar. Diduga wanita tersebut adalah Riko Haida. Dilihat dari rekaman CCTV kematian gadis itu karena ia bunuh diri dan menancapkan besi ke dalam tubuhnya sendiri. Misteri menjadi sedikit rumit. Karena identitas gadis itu masih diragukan, apakah ia Riko Haida atau Senri Minamisawa.
.
Kabar itu sampai kepada Arimura dan Takuru. Mereka mengira bahwa gadis tersebut adalah Senri Minamisawa yang meninggal di apartemennya sendiri dengan cara bunuh diri. Hal itu membuat Arimura tenang karena tidak akan diburu lagi oleh gadis itu. Namun Takuru justru terkejut. Ekspresinya menggambarkan bahwa itu seperti tidak begitu.
.
  • Chaos;Child Episode 08 Subtittle Indonesia
Saat itu hujan cukup deras membahasi bumi disaat pemakaman Yui. Hujan saat itu menemani kesedihan mereka masing-masing. Takuru dan Kurusu Nono membicarakan sesuatu yang sangat penting setelah pemakaman tersebut. Kurusu Nono menceritakan masa kecil Senri Minamisawa. Saat Senri masih berada di taman kanak-kanak, ia telah menyendiri dan menghabiskan waktu bermainnya hanya dengan membaca buku saja. Waktu di sekolah dasar pun juga begitu, justru ia menjauhkan dirinya sendiri dari hubungan maupun komunikasi dengan teman-teman kelasnya.
.
Akan tetapi kenyataannya Senri tidak ingin menyendiri. Ia juga ingin berkembang layaknya anak perempuan yang dapat memiliki banyak teman. Layaknya anak-anak lainnya. Maka dari itu ia bertanya kepada ibunya, bagaimana caranya agar bisa menjadi sosok yang seperti itu.
.
  • Chaos;Child Episode 09 Subtittle Indonesia
Takuru berlari untuk mencari sesuatu. Sesuatu itu berada di dalam sebuah kamar apartemen. Sedangkan Kurusu Nono (Senri) pergi menemui Onoe di suatu tempat. Kurusu dan Serika Onoe berdebat tentang kebenaran dari kehidupan Onoe. Apakah Onoe saat itu, saat berada di ruang penelitian ketika Senri tersiksa, berada di sana bersama dengan Takuru. Kebenarannya Onoe tidak ada disana saat itu, karena saat itu Kurusu (Senri) tidak melihatnya bersama dengan Takuru.
.
Onoe juga seseorang yang memiliki kemampuan psikis. Ia juga dapat mengeluarkan senjata seperti Takuru, Arimura, dan Kurusu. Onoe langsung menyerang Kurusu dengan senjata itu, senjata yang dikenal dengan istilah Di-Sword. Perkelahian terjadi disana. Dari sentuhan antara Di-Sword milik mereka berdua, Kurusu dapat mengetahu riwayat hidup dan pikiran Onoe. Anehnya setelah itu Kurusu menyerahkan diri, "kalau itu kemauan Takuru, bunuhlah aku. Aku akan senang jika kau yang membunuhku." Sedikit sulit dipahami. Apakah ini memang kemauan Takuru? Akan tetapi Takuru saat ini justru berlari dan hendak menghentikan ini semua. Apa sangkut pautnya dengan Takuru?
.
  • Chaos;Child Episode 10 Subtittle Indonesia
Serika Onoe datang untuk menemani hari-harinya yang sepi. Onoe selalu menunggunya di depan gerbang sekolahnya. Mereka kadang pergi berbelanja, dan kadang bermain di taman. Terkadang ada perasaan iri yang muncul dari dalam benak hati Takuru disaat ia melihat para anak-anak lain akrab dengan orang tuanya. Ia justru sebaliknya, melindungi nama kedua orang tuanya. Walaupun ia memang seperti ditelantarkan, tetapi ia tetap menganggap itu bukanlah sebuah kesalahan.
.
Karena sudah seperti itu, ia mau bagaimana lagi. Yang hanya bisa ia lakukan adalah bermain dengan Onoe atau bermain dengan laptop pemberian orang tuanya. Saat itulah ia menjadi candu terhadap internet. Bahkan ia juga pernah membolos sekolah. Ia gunakan internet untuk menyelidiki sesuatu, sebagaimana ia menyelinap di ruang bawah tanah rumah sakit umum AH Tokyo dan melihat Kurusu Nono (Senri Minamisawa) disana. Jadi memang sejak kecil Takuru sudah sangat mengingankan hidup seperti detektif, menyelidiki sesuatu dan menyelesaikannya.
.
  • Chaos;Child Episode 11 Subtittle Indonesia
Onoe menjelaskan bahwa Dr. Sakuma memiliki rencana untuk membuat Takuru bunuh diri di depan publik pada waktu semua ini dimulai, yaitu pada saat gempa terjadi tepat 6 tahun silam. Sebagaimana dengan anggapan Kunosato yang menyatakan ada perangkat tertentu yang hancur yang menyebabkan terjadinya gempa. Isi dari perangkat itu terpecah dan kekuatan psikis berpencar kemana-mana, menyebabkan anak-anak dan juga orang yang telah stres memiliki kekuatan tersebut sesuai dengan harapannya.
.
Tepat pada kejadian gempa, dimana para orang-orang akan memanjatkan doa. Dan disaat itulah Dr. Sakuma menguasai Takuru, membuat Takuru bunuh diri di depan khalayak ramai. Untuk itulah Onoe meminta Takuru agar tidak ikut. Cukup dirinya saja yang akan melawan Dr. Sakuma. Lebih baik Takuru bersama dengan Arimura, Uki, Yuuto, dan lain-lain pergi ke luar kota bersama Kunosato. Karena tujuan diciptakannya Onoe oleh pikiran Takuru adalah tetap membiarkannya hidup. Apapun yang terjadi Takuru harus tetap hidup.
.
  • Chaos;Child Episode 12 Subtittle Indonesia
Takuru tidak sadarkan diri dikarenakan terkena delusi dari Dr. Sakuma. Ia berada di alam delusi. Dr. Sakuma melakukan itu untuk membuat Takuru menjadi gila, lalu bunuh diri di depan publik. Di dalam delusinya Takuru membayangkan ada Serika disana. Suaranya imut, ini memang Serika Onoe teman khayalnya yang asli. Teman khayalnya yang bukan dari ia ciptakan setelah gempa. Teman yang sangat mengertinya, yang selalu menemani kesepiannya.
.
Serika Onoe yang ada dalam delusinya itu hidup. Hidup dalam artian ia benar-benar seperti teman khayalnya pada waktu kecil dulu, saat sebelum gempa terjadi. Serika Onoe dalam delusinya itu menjelaskan bahwa ia adalah yang satunya. Bukan Serika yang ada, yang diciptakan Takuru setelah gempa terjadi. Artinya Serika Onoe ada dua. Yang ada di dalam delusinya ini adalah Serika Onoe teman khayal yang terus-menerus berada di pikiran Takuru. Bahkan sampai saat ini masih. Sedangkan yang satunya adalah Serika Onoe yang diciptakan oleh Takuru karena merupakan perwujudan dari harapan Takuru pada saat setelah terjadinya gempa 6 tahun silam.
.
Anime ini bukanlah karya dari saya maupun terjemahan dari saya. Sumber yang saya dapat ada dibawah. Karena kita merupakan warga Indonesia dan sudah pasti kesulitan melihat aslinya begitu juga dengan bahasa Jepang yang sulit dipahami. Untuk itu, demi kemaslahatan atau kebaikan kita semua kita doakan pencipta anime ini maupun penerjemah dari Jepang ke Indonesia dapat memiliki kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Doakan juga sumber pemberi hiburan kita dan tentunya doakan saya juga. Hargailah karya orang lain, jangan seperti peribahasa "habis manis sepah dibuang" - salam rujakemas
.
Sumber :
.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search