Mari berdendang & bernyanyi !

____

9/16/2017

Watashi no Koe / My Voice (OST. Kokoro ga Sakebitagatterunda) Lirik dan Terjemahan

Watashi no Koe atau My Voice adalah salah satu soundtrack yang dinyanyikan oleh Jun Naruse (salah satu karakter, malah ia adalah tokoh utama di sebuah film anime 'Kokoro ga Sakebitagatterunda'). Lagu ini bikin mendiring ketika kita sudah melihat animenya. Penulis menjamin hal ini.
.
Karena sebenarnya dalam lagu ini, Jun Naruse mengungkapkan perasaannya. Mengungkapkan keadaan yang selama ini ia alami. Kalau yang sudah melihat animenya pasti bisa memahami. Karena ceritanya benar-benar persis dengan judulnya, Kokoro ga Sakebitagatterunda atau The Anthem of The Heart atau dalam bahasa Indonesianya adalah Hati yang Ingin Berteriak.
.
Jadi ringkasnya ceritanya begini: Ada seorang anak kecil yang bernama Jun Naruse. Ia sangat suka dengan bangunan Istana di atas gunung dekat rumahnya. Menurutnya (pandangan Jun) tempat itu adalah tempat yang sangat cocok untuk dirinya (putri) bertemu dengan pangerannya.
.
Saat ia mendekati istana itu ia melihat ada ayahnya yang habis keluar dari Istana itu bersama wanita lain. Baginya ayahnya seperti seorang raja dan wanita lain itu seperti seorang ratu, walaupun wanita lain itu bukan ibunya. Ia langsung kembali ke rumah untuk menceritakan cerita bahagianya ini kepada ibunya.
.
Bukannya ikut senang mendengar cerita dari putrinya, ibunya Jun justru terlihat marah. Ayahnya diusir oleh ibunya Jun. Jun tidak tau apa-apa karena ia masih kecil. Ia tidak menginginkan ayahnya pergi. Ia memohon kepada ayahnya untuk tidak pergi. Tetapi ayahnya justru menyalahkan semuanya kepada Jun. Ia berkata, "Ini semua salahmu Jun". Hal itu membuat Jun terbebani. Ibu Jun pun juga punya pemikiran yang sama, yaitu Jun terlalu banyak bicara. Kemudian ia terkena kutukan yang membuatnya tidak bisa bicara. Jika ia memaksa bicara perutnya akan sakit.
.
Waktu sma inilah ia manfaatkan keikutsertaan dirinya dalam komite eksklusif dan mengadakan acara dengan tema musikalisasi. Karena saat ia bernyanyi perutnya tidak sakit. Di saat ia menyanyikan Watashi no Koe inilah yang membuat ibu Jun sadar bahwa sikapnya dulu benar-benar menyakiti anaknya. Dan setelah anaknya tidak bisa berbicara ia juga menyalahkannya karena membuat malu kepada tetangga. Ibu Jun menyesal dan menangis mendengar suara anaknya yang kembali.
.
Lagu ini dinyanyikan oleh Inori Minase. Ia seorang pengisi suara, penyanyi, dan juga aktris. Ia pernah memenangkan penghargaan aktris utama terbaik di Seiyu Awards ke-10 karena peran utamanya yang menjadi pengisi suara Jun Naruse. Aransemennya dibuat oleh Mito (Clammbon), lirik by Mari Okada, dan original melodi by Greensleeves.

Watashi no Koe (My Voice) | Romaji

watashi no koe sayounara ano yamano saki no
fukaku nemuru mizuumi ni itte shimatta
.
hito no kokoro kizutsukeru kanashii kotoba o
kuchi ni shitakunai to naki itte shimatta
.
ohayou, konnichiwa go kigen'wa ika ga
arifure ta yaritori ga ima wa koishi i
.
watashi no koe kie ta koto min'na yorokon'da
min'na watashi no kotoba o kiraa terukara
.
oioi to nakinagara satte itta koe
nokosa reta watashi wa mou nakukoto dekizu
Ternyata perkataanku telah menyakiti banyak orang. Perkataan jujur itu juga menghancurkan keutuhan keluargaku. Bahkan sebutir telur juga mangatakan bahwa aku terlalu banyak bicara. Tolong panggilkan pangeran untukku, aku membutuhkannya. Aku sedang sakit sekarang. Semua orang telah menyalahkanku karena banyaknya aku berbicara. Karena cerewetnya diriku.

Watashi no Koe (My Voice) | English Translation

Farewell, my voice beyond that mountain,
into the lake sleeping so deeply
Now it is gone
.
The sorrowful words that scar people’s hearts
I cried, I don’t want to utter them
Now it is gone
.
Good morning, hello,
how are you today? It’s all good
How I miss this common conversation
.
Everyone rejoiced that my voice disappeared
Because everyone hates the words that I say
.
Heaving with sobs, my voice is already gone
Left behind, I can no longer even cry
Pangeran telur datang kepadaku. Kemudian ia mengutukku agar tidak bisa berbicara lagi. Dan ketika aku memaksa berbicara, perutku justru sakit. Mungkin rasa sakit ini sama dengan rasa sakit orang-orang yang telah mendengarkanku. Ternyata perkataanku memang menyakitkan. Mungkin aku pantas disalahkan.

Watashi no Koe (My Voice) | Lirik Bahasa Indonesia

Selamat tinggal, wahai suaraku
Di atas gunung itu
Menuju ke danau yang sangat tenang
Sekarang sudah tidak ada lagi
.
Kata kata sedih yang melukai hati orang-orang
Tidak ingin mengucapkannya
Perlahan menangis
Sekarang sudah tidak ada lagi
.
Selamat pagi, halo, bagaimana kabarmu hari ini?
Percakapan biasa aku sangat merindukannya
.
Suaraku menghilang
Dan semua orang senang
Karena semua orang membenci apa yang kukatakan
.
Dengan menangis terseduh seduh,
suaraku mulai meninggalkanku lalu menghilang
Ditinggalkan sendiri
Aku tidak lagi menangis
Tetapi hatiku menjadi ingin berbicara. Aku ingin mengungkapkan perasaan ini. Jika hanya dengan sebuah syair bisa kuungkapkan, maka akan kuungkapkan. Karena menahan perkataan dan perasaan ini sungguh membuatku tidak nyaman. Ada saatnya harus kusampaikan, betapa tersiksanya diriku.
Musik ini bukanlah karya dari saya maupun terjemahan dari saya. Sumber yang saya dapat ada dibawah. Karena kita merupakan warga Indonesia dan sudah pasti kesulitan melihat aslinya begitu juga dengan bahasa asing yang sulit dipahami. Untuk itu, demi kemaslahatan atau kebaikan kita semua kita doakan pencipta musik ini maupun penerjemah dari berbagai bahasa asing ke Indonesia dapat memiliki kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Doakan juga sumber pemberi hiburan kita dan tentunya doakan saya juga. Hargailah karya orang lain, jangan seperti peribahasa "habis manis sepah dibuang" - salam rujakemas
.
Source:
.
Share:

2 comments:

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search