Mari berdendang & bernyanyi !

____

7/15/2017

Byousoku 5 Centimeter (2007)

Byousoku 5 Centimeter Cover
Byousoku 5 Centimeter.
Cinta itu begitu rumit. Ada rasa suka dan duka, ada bahagia dan lara, dan adapula canda tawa. Diantara itu, yang paling diharapkan ialah rasa suka, bahagia, dan canda tawa. Akan tetapi bagi tokoh utama dalam anime ini tidak demikian. Ia memilih setia dengan perasaannya yang jauh disana, dan entah bagaimana keadaannya sekarang. Seperti apa ia tidak tahu, karena sudah lama mereka tidak berkomunikasi. Ia menyakiti dirinya sndiri hanya untuk setia. Akan tetapi disisi lain ia juga menyakiti orang lain. Karena wajahnya yang tampan membuatnya sangat dikenal para gadis.
.
Cinta, cinta, cinta. Keberadaan cinta itu memang penting. Dengan cinta manusia memiliki generasi baru, manusia bisa berekspresi, dan tentunya manusia bisa mendapatkan kebahagiaannya. Tapi adakah manusia yang seperti Takaki? Cinta baginya adalah mempertahankan seseorang yang pertama kali kau sukai. Lalu mengacuhkan perasaan orang lain yang menyukaimu.
.
Bercerita tentang dua orang remaja yang memiliki kesamaan, yaitu sering berpindah sekolah dan sakit-sakitan. Banyaknya kemiripan diantara mereka membuat mereka menjadi bertambah dekat. Di sekolah mereka saling menghabiskan waktu bersama layaknya sepasang kekasih. Namun hubungan mereka sebenarnya hanya sebatas teman. Ujian persahabatan mereka datang ketika Akari hendak pindah sekolah. Takaki berusaha tegar walaupun sebenarnya ia sangat tersakiti. Rindu dan rasa ingin bertemu muncul dibenak keduanya.
.
Takaki memberanikan diri untuk menemui Akari dengan menaiki kereta sendirian. Ini adalah hal pertama kali yang dilakukannya hingga sejauh ini. Saat itu sedang turun salju. Hal ini membuatnya sedikit kecewa karena ia sangat terlambat untuk menemui Akari yang berjanji akan menunggunya di stasiun.
.
Usia mulai bertambah dengan berjalannya waktu. Takaki menjadi sudah sma. Ia sangat cuek karena dirinya terpisahkan oleh jarak yang sangat jauh dari cinta pertamanya. Walaupun di sekolahnya ada yang menyukainya ia tetap merasa kesepian. Ia hanya suka menulis pesan pendek pada telpon genggamnya namun urung mengirimkan pesan tersebut. Karena ia tidak tau alamat mana yang akan ia tuju.
.
Ketika dewasa, Takaki menjadi galau berat. Ia menjadi pecandu rokok. Pekerjaannya tidak jelas. Ia merasa ingin bertemu sekali dengan Akari. Namun kini mereka tak saling berkomunikasi. Disisi lain, Akari justru hendak menikah dengan pria yang telah melamarnya.
.
Sebelum penulis mengisahkan kisah anime ini, ada beberapa yang ingin penulis tunjukkan. Anime ini adalah karya dari Makoto Shinkai. Para otaku pasti mengenalnya, karena apa yang ia buat selalu menjadi masterpiece di dunia otaku. Selain itu ada beberapa orang yang ikut membantunya. Penulis dapatkan data orang-orang ini dari wikipedia bahasa indonesia dan bahasa inggris yang penulis jelajahi pada tanggal 8 Juli 2017 pukul setengah sembilan malam. Berikut orang-orang tersebut:
Byousoku 5 Centimeter Akari and Takaki
5 Sentimeter per Detik.
Byousoku 5 Centimeter Takaki and Akari meet a cat
Takaki dan Akari menemukan seekor kucing.

Byousoku 5 Centimeter | 5 Centimeters per Second

Directed by | Makoto Shinkai
Written by | Makoto Shinkai
Licensed | ADV Films, Bandai, Discotek Media
Genre | Romance, Slice of Life, Drama
Produced by | Makoto Shinkai
Studio in | CoMix Wave Films
Published | March 3, 2007
Durasi | 63 Minutes
Music | Tenmon
Type | Movie
Rate | 8.03
Bunga sakura jatuh dengan kecepatan 5 sentimeter per-detik. Begitu juga perasaan ini, sangat cepat aku jatuh cinta kepadamu. Dan sangat cepat pula kita harus berpisah.
Rating diatas merupakan hasil poling dari myanimelist.net yang penulis jelajahi pada tanggal 8 Juli 2017 pada pukul setengah sembilan malam. Tambahan (karena update), menurut imdb.com rating anime movie ini hanya 7.8 saja (penulis jelajahi pada tanggal 12 Juli 2017 pada pukul setengah sepuluh malam). Mungkin karena film ini sudah sangat lama sekali, release pada tahun 2007. Masih berada diatas 7.5 keatas adalah suatu kehebatan film ini, walaupun tiap tahunnya turun. Setidaknya turunnya tidak terlalu drastis.
.
Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah sahabat dekat. Sayangnya mereka akan berpisah setelah kelulusan sd. Bukan berpisah karena mereka berbeda smp, tapi berbeda smp juga sih. Hanya saja kata berpisah disini bermakna berpisah yang cukup jauh. Akari akan pindah rumah. Ia tidak lagi tinggal di Tokyo. Ia akan pergi ke Tochigi bersama dengan orang tuanya. Berbicara soal pindah, sebelumnya Akari memang murid pindahan yang tidak sengaja satu sd dengan Takaki. Sebelumnya lagi, Takaki juga sama. Ia juga murid pindahan. Mereka berdua merasa sulit untuk menemukan teman dan beradaptasi. Akari baru saja pindah saat itu. Takaki berpikir bahwa pasti sulit bagi anak baru untuk beradaptasi sebagaimana dia dulu. Maka dari itu Takaki membantu Akari untuk membiasakan dirinya. Lama-kelamaan mereka semakin dekat. Sehingga menimbulkan gosip bahwa mereka telah berpacaran.
.
Takaki acuh saja terhadap orang lain. Mungkin ia memang jatuh cinta dengan Akari, walaupun tetap saja ikatan mereka adalah sahabat. Dan Takaki sangat bahagia berada di dekat Akari. Akan tetapi tak lama kemudian ia mendapatkan kabar bahwa Akari akan pergi ke Tochigi, karena ia tidak mendapatkan ijin dari orang tuanya untuk tinggal di Tokyo bersama bibinya. Mau tak mau mereka berdua harus berpisah. Jarak memang bukan masalah, tetapi rindu yang mengebu membuat kita tak tau arah.
Byousoku 5 Centimeter Takaki and Akari berpisah
Mereka akan berpisah.
Byousoku 5 Centimeter Akari menelfon Takaki
Kabar suram datang bersama dinginnya malam.
Setengah tahun sudah berlalu, mereka mulai saling surat menyurat untuk mengurangi rasa rindu mereka. Namun kenaikan kelas yang akan datang Takaki harus pindah ke Kagoshima. Jaraknya semakin menjauhi Tochigi. Sebelum pindah Takaki memutuskan untuk bertemu dengan Akari. Takaki akan ke Tochigi dengan kereta. Sayangnya tidak ada kereta yang langsung menuju Tochigi, maka dari itu Takaki akan dioper kesana-kemari. Niatnya sudah bulat, ia tidak bisa menahan rasa rindunya, apalagi ini adalah kesempatan terakhir sebelum ia benar-benar pindah ke tempat yang berlawanan dari Tochigi. Tempat yang akan semakin memisahkan mereka.
.
Apakah cobaan akan terus bertambah. Atau cobaan ini akan memberikan akhir yang menyenangkan bagi mereka berdua. Pokoknya Takaki harus bertemu dengan Akari terlebih dahulu. Masalah takdir biarlah Tuhan yang mengaturnya. Takaki menuliskan sebuah surat untuk Akari, selain itu ia juga menuliskan rencananya. Mana saja kereta yang akan ia naiki, dan mana saja stasiun yang akan ia singgahi. Mereka memastikan akan bertemu pukul 7 malam. Pukul 7 Akari akan menunggu Takaki di stasiun.
.
Hari itu udara sangat kencang sekali. Salju juga mulai turun. Pertemuan mereka setelah sekian lama akan terwujud. Takaki melangkahkan diri memasuki kereta. Ini juga pengalaman pertama Takaki menuju tempat yang jauh sendirian. Ini merupakan salah satu fungsi dari cinta, membuat seseorang berani melakukan sesuatu demi cinta yang akan ia gapai. Sangat disayangkan mereka belum mengungkapkan perasaan mereka masing-masing. Sangat disesalkan juga jika salah satu dari mereka akan berpacaran dengan orang lain.
.
Salju turun semakin deras. Kereta yang lain akan terlambat datang disebabkan salju yang turun tidak ada hentinya, Takaki menjadi gelisah. Kegelisahannya semakin bertambah ketika semua kereta yang akan ditumpanginya terus terlambat. Lagi-lagi salju yang menyebabkan itu semua. Padahal perjalanannya masih jauh sekali. Apakah akan sesuai dengan rencana. Apakah Akari tak apa-apa menunggu. Ia jadi sangat gelisah.
.
Takaki sangat lapar, lagi-lagi kereta terus terlambat tidak sesuai dengan jadwal. Ditambah masih ada beberapa stasiun lagi. Jam sudah pukul 7 malam. Benar-benar tidak sesuai dengan rencananya. Takaki benar-benar khawatir dengan Akari yang telah menunggunya. Di dalam kereta ia menyesali perlakuannya saat perpisahan sd, sekaligus pertemuan terakhirnya dengan Akari. Ia menyesal karena tidak menghiburnya, karena ia yakin Akari sangat gelisah, yang gelisahnya melebihi dirinya saat itu. Bayangan masa lalu tentang Akari tak akan pernah ia lupakan. Semuanya terekam jelas di dalam otaknya. Karena otak tidak bekerja sendirian saat itu. Hatinya membantu otaknya untuk terus mengingat kenangan itu.
.
Pikiran Takaki kacau. Lagi-lagi kereta terlambat, lagi-lagi gara-gara salju. Angin berhembus kencang, surat yang ia tulis untuk Akari terbang bersama angin. Surat itu ia tulis karena ia payah dalam bersikap disaat berduaan dengan Akari. Lagi-lagi kereta harus berhenti ditengah-tengah selama dua jam. Rasanya benar-benar kacau, gelisah, dan menyedihkan sekali. Takaki benar-benar ingin menangis, namun ia menahannya dengan terus-menerus menggigit giginya. Ditambah tempat berhenti itu sangat sepi sekali, dingin dan lapar, semua itu telah menambah kesedihan dan kegelisahannya. Apakah Akari tidakpapa sekarang.
Byousoku 5 Centimeter Akari menunggu Cintanya
Dia menunggu cintanya.
Byousoku 5 Centimeter Takaki kiss Akari
Salju jatuh hampir secepat bunga sakura.
Kereta sudah sampai di Iwafune Tochigi. Betapa bahagiannya Takaki saat itu melihat Akari yang sedang tertidur menunggunya. Begitu juga dengan penulis yang terbawa arus dalam anime ini. Bahagia sekali melihat seseorang yang telah bertemu dengan pujaannya. Ditambah ia sedang tertidur. Terlihat cantik dan menarik. Seketika perasaan gelisah dan pikiran kacau tadi sudah menghilang. Rasa rindu yang membebani jiwa mulai terpecah. Senyum dengan air mata berkaca-kaca, ia bahagia sekali. Dibangunkannya Akari, apa yang Akari rasakan juga sama. Rasa rindu yang teramat dalam telah tersampaikan kepada sesosok Takaki yang ia lihat saat ini secara langsung. Matanya tak kuat melihat itu, ia menangis, meneteskan air mata kebahagian. Ia pegang erat jaket Takaki sambil terus meneteskan kebahagiaan.
.
Akari telah membuat bento untuk Takaki, ia sudah mempersiapkannya dari rumah. Takaki sangat beruntung sekali, perutnya juga sedang lapar-laparnya. Hati, pikiran, dan perutnya kini lega. Hari itu mereka menghabiskan malam berduaan. Kereta baru datang besok pagi. Mereka berjalan-jalan di dekat area stasiun sambil melepas kerinduan. Ada sebuah pondok kecil di tepi ladang, mereka menghabiskan waktu disana, mengobrol berbalutkan selimut tua hingga mereka tertidur.
Sebuah perjuangan cinta telah mencapai salah satu misinya, namun masih ada misi-misi lain yang harus dilakukan. Menjaga perasaan, menjaga komunikasi, dan menjaga ego. Setidaknya dari ketiga itu dapat membuat Cinta menjadi abadi.
Byousoku 5 Centimeter Takaki meninggalkan Akari
Mereka harus berpisah lagi.
Byousoku 5 Centimeter tempat tinggal baru Takaki
Kehidupan baru datang, perasaan lama mengakar.
Paginya Akari dan Takaki harus berpisah. Pertemuan itu adalah pertemuan yang indah. Takaki menaiki keretanya. Setiap pertemuan harus berakhir dengan perpisahan. Rasanya di hati sangat sulit. Takaki menghilangkan suratnya, sedangkan Akari lupa memberikan suratnya. Apakah ini sebuah pertanda yang baik atau malah sebuah pertanda yang menyakitkan hati?
.
Setelah itu Takaki sudah pindah ke Kagoshima, kini ia sudah sma. Ia disukai oleh seorang gadis disana, yang dulu adalah teman sekelasnya waktu smp. Sekarang di sma mereka di kelas yang berbeda. Walaupun begitu Kanae dan Takaki tetap dekat. Sepulang sekolah Kanae selalu menunggu Takaki pulang. Mereka terbiasa pulang bersama.
.
Kanae selalu memperhatikan Takaki sejak dulu, apa yang dibelinya, sedang apa saat ini, dan kegiatannya yang terus memperhatikan telpon genggamnya. Ia akan sangat bahagia jika orang yang selalu menerima pesannya itu adalah dirinya. Ia tidak akan segan-segan untuk terus membalas pesan itu. Namun sayang, itu bukan dirinya. Mungkin benar kata-kata temannya. Takaki mungkin sudah memiliki pacar di Tokyo. Dan mungkin ia akan melanjutkan hidupnya di Tokyo.
.
Sumida Kanae adalah gadis yang selalu menyukai Takaki sejak pertama kali Takaki datang dari Tokyo. Ia adalah seorang peselancar yang gagal. Ia terus-menerus latihan namun juga terus menerus menerima kegagalan. Bisa dikatakan ia mungkin tidak berbakat. Akan tetapi di dalam dirinya memiliki perasaan yang kuat dengan semangat yang membara. Saking lamanya ia terus-terusan meraih kegagalan ia menjadi pesimis dengan ombak, dengan selancarnya, dan dengan angin. Kakaknya adalah seorang guru di sekolahnya. Kakaknya lah yang selalu berada di belakangnya, mendorongnya untuk terus maju.
Sebanyak pun kegagalan yang kita terima, percayakan nasibmu dengan semangatmu, walaupun kemungkinannya sangat kecil, bukankah Tuhan menghargai kerja keras hambanya.
Byousoku 5 Centimeter Takaki menulis pesan
Pesan yang tak beralamat.
Byousoku 5 Centimeter Takaki bertemu dengan Akari
Nasib mereka sekarang berbeda.
Kegiatan Takaki di Kagoshima adalah memanah. Ia juga terbiasa melihat pemandangan langit di pinggir jalan ketika petang. Tak biasanya hari itu, karena ada Kanae yang datang menemukan tempatnya. Tak masalah bagi Takaki, ia juga membutuhkan teman. Kanae belum memutuskan apa yang akan terjadi di masa depan, begitu juga dengan dirinya. Kanae merasa dirinya sama dengan Takaki, hal itu membuatnya bahagia dan semakin semangat untuk berlatih selancar.
.
Takaki dapat merubah seseorang yang pesimis menjadi optimis, namun ia tidak bisa merubah dirinya sendiri yang sudah lama tidak berjumpa dan mengirim kabar dengan pujaan hatinya waktu kecil, Akari. Setiap kali ada kesempatan ia menulis sebuah pesan yang tidak tahu alamat penerimanya. Ia hanya menulis sesuai dengan hatinya lalu membuang pesan itu.
.
"5 kilometer. 5 kilometer kecepatan roket" ucap Kanae. Sontak membuat Takaki menjadi kaget, karena hal itu membuatnya mengingat Akari yang juga pernah mengatakan, "5 sentimeter. 5 sentimeter kecepatan bunga sakura jatuh". Takaki menjadi terinspirasi ingin menjadi seorang Astronot yang pergi ke luar angkasa. Perjalanan yang sepi yang hanya ditemani dengan atom hidrogen, itupun kadang-kadang. Yang ia rasakan saat ini juga seperti itu. Sepi sekali, tanpa kehadiran Akari, tanpa sesosok Akari. Ia dapat memotivasi orang lain, tetapi tidak dapat menggerakkan dirinya sendiri. Ia tersiksa dalam masa lalunya yang tak ingin dilupakan. Apakah ini salah jarak? Atau salah surat yang telah hilang itu. Apakah ini pertanda buruk? Tenyata memang pertanda buruk.
.
Kanae bisa melakukannya dengan baik. Setidaknya setelah berlatih selama setengah tahun ini merupakan peningkatan yang tinggi. Semua itu bermula dari ucapan Takaki yang telah membuatnya berubah dan percaya diri. Takaki, Takaki, Takaki, wanita selalu bisa tergerak hatinya jika pria pujaannya menyemangati atau menasehatinya. Pengalaman itu pernah penulis alami juga. Cinta dikatakan gila karena sesuatu yang tak terduga bisa menjadi nyata. Kanae juga memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya kepada Takaki. Ia sangat bahagia sekali, ini mungkin dapat merubah nasibnya. Takaki mungkin dapat mengarahkannya. Namun Kanae belum mengerti bahwa Takaki telah tenggelam dalam masa lalunya, dan tidak mampu bangkit melawan kerasnya ombak. Takaki masih mencintai Akari, dan tetap menyimpannya dihati dan pikirannya. Di masa yang akan datang, ternyata Akari akan bertunangan dengan pria yang telah melamarnya.
Byousoku 5 Centimeter Takaki dan Akari waktu kecil
Mereka saat berpisah.
Byousoku 5 Centimeter Takaki dan Akari waktu dewasa
Bertemu lagi setelah dewasa.
Byousoku 5 Centimeter Takaki dan Akari waktu berpisah
Dan menghilang. Secepat bunga sakura jatuh.
Makoto Shinkai, nama komikus sekaligus penulis naskah anime ini akan terus penulis ingat sebagai penulis naskah terbaik dengan cerita yang menyebalkan, menyedihkan, dan menyesakkan. Mungkin inspirasi-inspirasi penulis di dapat dari dia. Kita diajarkan untuk tidak terlalu berharap lebih, untuk mengerti dunia ini secara praktisnya, dan untuk menyadari bahwa berlarut-larut dalam kepedihan dan kesedihan tidak akan mengubah apapun. Itulah yang penulis dapat ambil dari dari anime ini. Cerita anime ini menggantung sekali. Benar-benar membuat kesal sekali. Akan tetapi di dalam komiknya ada beberapa adegan lain. Termasuk ending yang berbeda. Saat itu juga ternyata Takaki memiliki pacar, tetapi ia masih berlarut-larut dalam kepedihan karena Akari. Tapi lagi-lagi ya komik karya Makoto Shinkai ini masih menggantung, tetapi setidaknya lebih baik komiknya daripada animenya. Di anime sungguh menyedihkan sekali kisahnya. Penulis jadi baper dan entah kenapa juga ikut kesal. Tapi sekali lagi, ambil hikmahnya.
.
Jika ingin mendownloadnya silahkan kunjungi situs ini www.kertashitam.com. Penulis merekomendasikannya karena situs ini sudah menjadi kepercayaan penulis. Tidak begitu ribet dan tidak terlalu berantakan. Selamat menikmati.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search