Mari berdendang & bernyanyi !

____

7/27/2017

Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006)

Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time)
Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006).
Bercerita tentang seorang gadis yang bernama Makoto yang memiliki kebiasaan terlambat dan payah dalam segala hal. Ketika itu Makoto sedang piket dan mengembalikan hasil ujian. Ia melihat ada ruangan yang membuatnya penasaran. Ia masuki ruangan tersebut dan menemukan sebuah benda aneh di lantai. Ia terkaget dan jatuh lalu dapat menguasai waktu. Ia dapat kembali ke waktu sebelumnya sesukanya. Namun efek dari menggunakan itu membuat orang-orang yang ada disekitarnya menjadi terluka.
.
Sebelum penulis membahas alur cerita anime ini, akan lebih baik kita juga mengetahui orang-orang yang bekerja keras untuk menyukseskan anime ini. Data yang penulis dapat berasal dari wikipedia, myanimelist, dan imdb. Untuk rating sewaktu-waktu dapat berubah.

Toki wo Kakeru Shoujo | The Girl Who Leapt Through Time

Sutradara | Mamoru Hosoda
Produser | Takashi Watanabe, Yuichiro Saito
Penulis Skenario | Satoko Okudera
Penulis Novel | Yasutaka Tsuitsui
Musik | Kiyoshi Yoshida
Licensors | FUNimation Entertainment, Bandai Entertainment, Kadokawa Pictures USA
Producers | Kadokawa Shoten, Bandai, Memory-Tech, Happinet Pictures
Genres | Sci-Fi, Adventure, Drama, Romance
Rating | 8.41 (myanimelist)/ 7.8 (imdb)
Studios | Madhouse
Date Released | Jul 15, 2006
Source | Novel
Type | Movie
Sesuatu bisa terjadi pada kita kapan saja. Hanya saja perlakukan-lah hari-harimu dengan sebaik-baiknya. Esok bisa menjadi akhir, bahkan 5 menit mendatang bisa saja kiamat. Waktu itu mahal sekali, sebagaimana pepatah mengatakan "times is money". Gunakan waktumu untuk sesuatu yang berguna sebelum dirimu menyesalinya sebagaimana apa yang telah dilakukan tokoh di dalam anime ini.
Ada seorang gadis yang bernama Makoto. Ia masih sma dan memiliki dua orang sahabat yang sangat dekat. Tetapi kedua sahabatnya itu adalah laki-laki, bukan perempuan. Suatu ketika di saat Makoto menaruh kertas ulangan seluruh siswa, ia mendengar sesuatu di dalam ruangan laboratorium. Seperti orang yang sedang tergesa-gesa mencari sesuatu hingga membuat kegaduhan. Tentu saja itu membuatnya penasaran dan masuk ke dalam untuk mengetahuinya. Namun disana ternyata tidak ada seorangpun.
.
Ada sesuatu yang jatuh disana. Sesuatu itu bentuknya kecil seperti kacang mete. Atau lebih mirip seperti pala. Makato mendekatinya karena penasaran. Tiba-tiba ada bayangan seseorang muncul yang membuatnya kaget dan terjatuh. Tanpa sengaja ia menyentuh benda kecil yang mirip seperti pala itu. Makoto merasa seperti jatuh dan masuk ke dalam air. Apa ini? Apa yang sedang terjadi? Makoto menceritakan kejadian itu kepada Chiaki dan Kousuke, dua orang sahabat dekatnya, mengenai kejadian tadi. Chiaki hanya terus-menerus menertawakannya karena memang tidak realistis.
.
Setelah bermain dengan kedua sahabatnya, Makoto hendak ke tempat bibinya untuk melaksanakan amanah ibunya. Ketika di perjalanan Makoto menyadari bahwa remnya sebenarnya blong. Jalan yang dilalui Makoto saat itu menurun, kecepatan sepedanya bertambah cepat. Terdengar bunyi alarm yang menandakan bahwa kereta akan segera lewat. Tentu saja Makoto khawatir karena sepedanya melaju dengan cepat dan dirinya tidak bisa menghentikannya. Keberuntungan yang ia banggakan tadi kini berubah menjadi ketidakberuntungan. Seandainya hari ini adalah hari terakhirnya ia sangat menginginkan bahwa dirinya ini bisa bangun pagi lebih awal dan membuat hari terakhirnya adalah hari terbaik, bukan malah seperti ini. Apakah ia benar-benar mati?
Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006)
A mysterious man.
Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006)
I will die!
Ini aneh sekali. Rasanya benar-benar aneh. Ia tiba-tiba menabrak seorang ibu-ibu dan tidak ditabrak oleh kereta. Ia ceritakan hal tersebut kepada tantenya, dan tantenya mempercayai itu. Tantenya justru memberitahunya bahwa itu adalah time leapt, seseorang yang dapat melompati waktu.
.
Makoto tidak mengetahui caranya ia bisa melakukan hal itu. Ia tidak mengetahui triknya. Akan tetapi satu hal yang ia terima adalah disaat ia melompat ia sepertinya bisa merubah waktu dan kembali ke masa lalu. Cara itu ia praktikkan, akan tetapi ia gagal dan malah kesakitan.
.
Untuk yang kedua kalinya ia melakukannya. Dan kali ini ia berancang-ancang sangat jauh sekali. Berlari dengan cepat dan kemudian melompat. Apa yang akan terjadi? Ia berhasil. Ia berhasil kembali disaat puddingnya masih ada. Lagi dan lagi, ia terus melakukannya lompatan waktu untuk makan pudding, untuk berangkat ke sekolah di pagi hari, untuk mengerjakan ulangan, untuk menghindari kekacauan yang ia buat di kelas memasak, untuk menghindari tindihan orang, untuk terus-menerus karaoke dan mengulanginya sampai bosan, untuk memakan masakan favoritnya yang sebenarnya telah dimasak oleh ibunya kemarin-kemarin, dan untuk bermain baseball.
.
Tetapi apakah ini akan baik-baik saja jika dirinya melakukan hal-hal konyol ini untuk dirinya? Apakah orang lain akan terkena imbasnya? Karena waktu-waktu yang diulang Makoto hanyalah untuk dirinya sendiri. Bukan untuk kepentingan bersama ataupun orang lain. Ia hanya memikirkan dirinya sendiri. Seperti apa yang tantenya kemukakan bahwa orang lain pasti akan terkena imbasnya dan mungkin itu penderitaan bagi orang lain.
.
Salah satu contohnya adalah di bullynya Takase yang saat itu mau bertukar kelompok dengan Makoto. Takase tidak sengaja membuat api yang besar dan tidak sengaja menyemprotkan pemadam api kepada teman-temannya. Seandainya Makoto tidak bertukar tempat saja Takase tidak akan di bully seperti ini. Toh yang membuat Takase gugup adalah kesalahannya saat membuat api besar, dimana yang sebenarnya adalah kesalahan Makoto. Tetapi Makoto telah membuat Takase melakukan kesalahan besar.
.
Sebelumnya Chiaki menyatakan bahwa dirinya menyukai Makoto saat setelah Kousuke ditembak oleh adik kelas. Jalinan cinta mulai terjadi dan hal ini membuat suasana menjadi kacau. Makoto selalu memutar waktu setiap Chiaki menembaknya. Ia tidak ingin ada yang berubah. Akan tetapi, walaupun Chiaki tidak menyatakan cinta di masa sekarang (saat Makoto mengulangnya kembali agar Chiaki tidak menyatakan cinta) Makoto tetap mengetahui bahwa Chiaki menyukainya. Jadi apa boleh buat, hal yang bisa dilakukan oleh Makoto saat ini adalah menjaga jarak dari Chiaki agar Chiaki tidak mengungkapkan lagi (belum terjadi karena Makoto mengulangnya kembali) rasa sukanya itu. Dan itu juga merubah keadaan persahabatan mereka. Makoto sekarang tidak lagi berkumpul dan bermain dengan mereka. Malah sekarang Chiaki lebih dekat dengan Hayakawa. Karena memang Hayakawa itu menyukai Chiaki.
Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006)
Im Sorry!
Toki wo Kakeru Shoujo The Girl Who Leapt Through Time (2006)
I missed him.
Suatu ketika ada kejadian besar di sekolah. Takase selepas di bully kemudian membalas para pembully tersebut dengan pemadam kebakaran. Saat itu Makoto ada dan menyuruhnya untuk berhenti. Akan tetapi Makoto yang menurut pandangan Takase adalah penyebab dari segala sebab semua ini, mulai menatap Makoto dan hendak melemparkan pemadam tersebut ke arah Makoto. Makato tidak berkutik, mungkin ia akan mati kali ini karena lemparan itu. Tiba-tiba ada bayangan seorang laki-laki berambut merah berada di depannya. Chiaki berusaha melindunginya. Makoto tidak ingin itu terjadi, ia melompati waktu.
.
Makoto menyelamatkan Chiaki tetapi bukan berarti tidak ada korban disana. Justru Hayakawa menjadi korbannya. Apakah yang dilakukan Makoto ini memang benar? Atau lagi-lagi menyelesaikan kesalahan dengan kesalahan lainnya. Chiaki menjadi lebih memperhatikan Hayakawa. Bahkan mereka sudah kencan. Makoto menjadi linglung karena bingung. Apakah ia menyesalinya?
.
Setelah selesai dengan Chiaki, kini sepertinya Kousuke juga mengode bahwa ia menyukai Makoto. Hal itu semakin jelas setelah ia mendengar keterangan dari ketiga juniornya, dimana salah satu dari mereka ada yang menyukai Kousuke. Kali ini Makoto ingin melakukan sesuatu dengan benar. Ia akan membantu juniornya, Kaho-chan, agar dapat berkencan dengan Kousuke. Walaupun caranya memang aneh-aneh dan juga ia telah menghabiskan banyak lompatan. Tanpa disadari ia hanya mempunyai satu lompatan saja, sebagaimana bentuk angka pada goresan di lengannya.
.
Kousuke hendak menghantarkan Kaho-chan ke klinik dan kemudian mengantarnya pulang. Kaho-chan terkilir karena ulah dari Makoto tadi. Walaupun begitu Makoto berhasil membuat Kaho-chan senang karena ia bisa dekat dengan Kousuke. Ditambah kali ini mereka pulang bedua dan berboncengan. Tetapi apakah ini memang cara yang benar? Karena sesuatu yang buruk bisa terjadi setelah ini. Kenapa? Karena Kousuke hendak meminjam sepeda Makoto untuk mengantar Kaho. Padahal sepeda Makoto remnya blong. Lagi-lagi kesalahan diselesaikan dengan kesalahan. Dan kali ini apakah bisa diselesaikan dengan benar oleh Makoto?
.
Makoto langsung pergi menuju jalur rel kereta api dimana pertama kalinya ia menggunakan time leaptnya. Ia belum menggunakan lompatannya yang terakhir karena belum tentu terjadi apa-apa dengan Kousuke dan Kaho-chan. Ia terus berlari dan berlari tanpa henti. Tidak ada yang terjadi sesampainya disana. Kousuke sendiri juga tidak nampak. Ia bertanya mengenai apakah ada kecelakaan kepada orang yang lewat. Dan memang benar tidak terjadi sesuatu apapun yang buruk.
.
Ada telpon masuk, ternyata dari Chiaki. Mereka mengobrol sedikit dan tertawa. Tetapi kemudian Makoto menjadi diam setelah Chiaki menanyakan sesuatu mengenai time leapt. Makoto langsung menggunakan lompatannya untuk mengulang waktu agar Chiaki tidak bertanya mengenai apakah benar jika dirinya ini adalah pelompat waktu. Artinya Makoto sudah menyia-nyiakan lompatan terakhirnya hanya untuk hal bodoh. Akan tetapi ia sedikit bahagia karena Kousuke dan Kaho tidak terjadi apa-apa. Ditambah hubungannya dengan Chiaki membaik setelah mengobrol tadi.
.
Senyumnya terhenti setelah mendengar suara yang ia kenal. Siapa lagi jika bukan si peminjam sepeda dengan juniornya. Tiba-tiba saja Kousuke lewat dihadapannya. Makoto langsung berlari dan berteriak agar Kousuke berhenti. Ia juga tidak bisa menggunakan lompatannya karena tadi adalah yang terakhir. Lagi-lagi kesalahan diperbaiki dengan kesalahan yang tidak berarti. Kereta datang, Kousuke tak dapat berhenti. Kousuke menabrak palang kereta. Mereka berdua terlempar ke arah kereta datang.
.
Loh? Kenapa semua orang berhenti? Kenapa bisa kembali lagi? Chiaki ada disana. Apa Chiaki yang melakukan ini semua? Chiaki mengulang waktu dimana semua ini berawal. Artinya Chiaki menggunakan time leaptnya dan membuat semua orang berhenti. Hanya mereka berdua yang tidak berhenti dan diam seperti patung.
.
Chiaki adalah orang yang berasal dari masa depan. Di masa depan orang-orang telah membuat sesuatu yang dapat melompati waktu, maka dari itu ia bisa datang ke sini, di masa lalu. Ia kembali ke masa lalu hanya untuk melihat sebuah lukisan. Karena di zamannya lukisan itu hancur karena terbakar. Lukisan yang dimaksud Chiaki sebenarnya ada di museum, hanya saja tantenya sedang merestorasinya. Maka dari itu tidak dipertontonkan sementara di museum.
.
Chiaki telah menggunakan time leaptnya yang terakhir untuk menyelamatkan Kousuke. Chiaki juga telah menghilangkan alat pelompat itu. Menemukannya pun tidak ada artinya karena alat itu sudah habis dipakai oleh Makoto. Artinya Chiaki tidak akan dapat kembali lagi ke masa depan. Ia terjebak di masa lalu, di masa Makoto.
.
Tetapi Chiaki merasa senang bisa berteman dengan Kousuke dan Makoto. Mereka menyenangkan dan Makoto benar-benar gadis bodoh yang menggemaskan. Waktu yang ia habiskan untuk pergi ke masa lalu ternyata tidak sia-sia walaupun gagal melihat lukisan yang disukainya. Karena disini ia telah habiskan dengan sesuatu baru yang ternyata juga indah seperti lukisan itu. Bermain, bercanda, dan tertawa dengan mereka. Ia tidak menyesalinya.
.
Setelah time leaptnya habis, Chiaki sebenarnya tidak terjebak di masa lalu ini. Melainkan ia akan menghilang. Ini bukan tempatnya dan ia juga tidak dapat kembali ke tempat asalnya. Artinya ia tidak memiliki kesempatan untuk diterima dan kembali. Ia memang harus menghilang karena menyalahi aturan. Ia akan benar-benar menghilang.
.
Di kelasnya Chiaki digosipkan dengan sesuatu yang tidak-tidak oleh semua murid. Hal ini dikarenakan ia keluar sekolah secara tiba-tiba. Bahkan ia menghilang secara tiba-tiba tanpa memberi klarifikasi yang jelas. Semuanya menjadi sedih. Kousuke menjadi sedikit marah karena Chiaki pergi tanpa pamit. Dan Makoto merasa kesepian, menyesal, semuanya menjadi satu di dalam hatinya. Ia benar-benar merindukan sesosok Chiaki.
.
Ada binatang kepik memasuki lengan Makoto disaat dirinya sedang merenung sembari tiduran dalam posisi miring diatas kasurnya. Ia merasa risih dengan binatang itu. Lalu ia melihat angka kosong satu di lengannya. Loh? Bukannya kemarin sudah habis? Apakah karena Chiaki menggunakan time leaptnya dan kembali disaat ia belum menggunakan lompatan waktu yang terakhir? Apapun alasannya itu ia tidak peduli. Yang jelas ia bisa mengulang waktu satu kali dan tentu saja itu untuk Chiaki.
.
Makoto tidak menyia-nyiakan kesempatannya untuk kembali ke awal dan memperbaiki kejadian itu dengan benar. Seperti ia mengakui ke Hayakawa bahwa ia menyukai Chiaki juga. Menyuruh Kousuke mengajak ketiga junior untuk bermain baseball bersama. Dan memberikan alat yang ditemukannya itu kepada Kousuke. Setelah itu mereka berdua berpisah. Karena memang masa mereka berdua berlainan. Dan sudah saatnya Chiaki kembali ke tempatnya berada.
.
Keesokannya semua berjalan baik. Chiaki pergi dengan pandangan yang baik, yaitu pergi bersekolah di luar negeri. Tidak ada lagi pandangan-pandangan buruk dari murid-murid mengenai dirinya. Tiga junior mereka juga ikut bermain baseball bersama. Dan Makoto sudah memiliki tujuan yang akan ia tuju suatu saat nanti. Tebakan penulis tujuan Makoto berhubungan dengan lukisan. Karena ia sudah berjanji kepada Chiaki mengenai lukisan. Dan penulis yakin Makoto tidak akan mengingkarinya.
Berhentilah menyelesaikan masalah dengan sesuatu yang terlihat mudah, ringan, dan cepat. Solusi yang cepat belum tentu itu tepat. Terkadang kita perlu melihat jangka waktunya. Karena kita tahu, masalah hanya perlu diselesaikan bukan dihilangkan. Apalagi menghindarinya dengan menutupinya. Mungkin masalah yang akan lebih besar akan datang setelah itu. Seperti kata Chiaki, "berpikirlah sebelum bertindak."

Tambahan Penjelasan Dari Penulis Mengenai Toki wo Kakeru Shoujo

Sebenarnya Chiaki selalu memiliki satu lompatan untuk pulang ke masa depan. Akan tetapi ia tidak bisa pergi dikarenakan ia merasa takut bahwa benda yang dihilangkannya itu akan dipergunakan oleh orang lain untuk kejahatan. Maka dari itu ia memilih terjebak di masa lalu untuk mencari itu. Akan tetapi disaat ia menemukannya ia melihat bahwa benda itu ternyata sudah habis dipakai. Ia baru menyadari kalau itu dipakai oleh Makoto. Dan ia juga merasa beruntung karena yang dapat memakai lompatan waktu adalah Makoto. Sebagaimana ucapannya saat menghentikan waktu, disaat-saat Kousuke dan Kaho-chan akan ditabrak kereta. Saat itu ucapan Chiaki kurang lebih seperti ini, "Tapi aku lega. Yang menggunakannya adalah orang bodoh. Setiap malam aku mengkhawatirkannya, jangan-jangan digunakan untuk hal yang buruk." Jadi yang membuat Chiaki tidak kembali semula adalah rasa khawatirnya telah menghilangkan benda itu. Karena ia bertanggung jawab sebagai pemilik benda itu.
.
Ingin mendownload anime ini? Penulis rekomendasikan untuk mengunjungi situs: www.kertashitam.com dan www.subtitles.pro (untuk subtitle dengan gaya lain), karena situs tersebut adalah tempat kami (penulis dengan anime ini) pertama kali bertemu. Kemungkinan penulis memilih situs itu karena mereka berada di top alias peringkat satu di google saat penulis mencari anime ini. Mungkin karena situs ini tidak terlalu berat alias bersahabat dan menjadikannya masuk di halaman pertama dan peringkat teratas. Jadi silahkan coba dan selamat menyaksikan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search