Mari berdendang & bernyanyi !

____

7/12/2017

Byousoku 5 Centimeter (2011)

5 Centimeters per Second
Manga Byousoku 5 Centimeter.
Sejujurnya bagi penulis komik ini adalah komik yang cukup menyebalkan, merumitkan, dan menyedihkan. Endingnya memang tak bisa diduga, ditambah kesan didalamnya sangat bermakna sekali. Dari komik ini kita bisa berpikir, sebetulnya apa sih hidup ini, untuk apa sih kita hidup, bagaimana caranya kita bisa bertahan di dunia ini. Tapi di dalam komik ini kita tidak diberikan sebuah jawaban yang pasti. Karena pada dasarnya kita hidup dengan cara kita sendiri, dan permasalahan kita berbeda-beda dengan sifat yang berbeda pula.
.
Namun perlu disadari, bahwa di dalam komik ini membuat kita semakin mengerti kalau masih ada orang-orang yang peduli dengan kita dan butuh akan kemampuan kita walaupun kita telah dibuang oleh orang lain. Artinya kita hidup tidak pada satu jalan, dan ketika jalan itu rusak kita tidak memiliki jalan lain. Bukan, bukan seperti itu. Ada beberapa jalan yang akan menuntun kita pada sebuah takdir. Takdir yang sudah dituliskan untuk kita. Tak masalah jalan di depan rusak, masih ada jalan lain kok. Sumber cover foto diatas dari amazon.com.
Byousoku 5 Centimeter Takaki and Akari
They still together.

Byousoku 5 Centimeter | 5 Centimeters per Second

Written by | Makoto Shinkai
Published | May 25, 2010 - Mar 25, 2011
English Publisher by | Vertical Inc.
Genre | Drama, Romance, Seinen
Magazine | Monthly Afternoon
Illustrated by | Seike Yukiko

Demographic by | Seinen
Published by | Kodansha
Chapter | 11 Chapters
Volume | 2 Volumes
Type | Manga
Rate | 8.31
Karena pada akhirnya kitalah yang menentukan masa depan kita. Ketika dalam keadaan terpuruk, haruskah kita berdiam diri dan melukai diri sendiri. Atau kita bereaksi untuk melawan kepedihan, bangkit dan merubah nasib. Memang rasanya sangat sulit ketika kita telah benar-benar jatuh cinta kepada sesuatu dan sesuatu itu tiba-tiba pergi dari kehidupan kita. Its life, but we must let it go.
Pelaku pembuatan film yang penulis tulis diatas bersumber pada wikipedia dan myanimelist yang penulis jelajahi pada tanggal 12 Juli 2017 pada pukul sepuluh malam. Selain itu rating diatas bersumber pada myanimelist. Foto diatas di dapat dari imdb. Manga ini direkomendasikan untuk para pecinta komik seinen. Dan juga di rekomendasikan para tukang galau. Komik ini sungguh dewasa dan tidak baik dibaca oleh anak-anak.
.
Sedikit pendapat penulis tentang komik ini. Komik ini harus dibaca dengan teliti, karena setiap isi di dalamnya sangat penting. Kedua komik ini harus dibaca dalam keadaan tenang dan sepi jika Anda ingin terbawa suasana. Dan terakhir, karena komik ini membuat mood menjadi tidak enak, diharapkan untuk tidak bunuh diri setelah membacanya.
Byousoku 5 Centimeter Volume 1
Volume 1.
Shinohara Akari dan Takaki Touno adalah sahabat dekat waktu sd karena mereka memiliki kesamaan dalam diri mereka. Mereka sulit beradaptasi di Tokyo, mereka suka membaca dan menghabiskan waktu di perpustakaan, mereka juga memiliki pendapat dan pandangan yang sama. Jika penulis mengatakan bahwa mereka sama-sama kesulitan beradaptasi di Tokyo artinya mereka sama-sama murid pindahan. Takaki berasal dari Nagano, sedangkan Akari berasal dari Shizuoka. Yang membedakan adalah waktu mereka pindah di sd tersebut. Takaki setahun lebih dulu dari Akari, maka ketika Akari baru datang ke Tokyo, Takaki sudah menyadari bahwa Akari kesulitan beradaptasi seperti ia setahun yang lalu. Takaki membantunya hingga perlahan-lahan mereka akrab dan menjadi sahabat.
.
Kedekatan mereka menjadi perbincangan oleh teman-temannya. Mereka dianggap sedang berpacaran. Papan tulis kelas berisikan nama mereka. Takaki langsung menghapus tulisan itu dan kemudian menarik Akari untuk pergi. Entahlah, baginya Akari itu adalah sahabat yang sangat penting. Ia tidak ingin memutuskan hubungan itu. Memang seperti cinta rasanya, tapi untuk anak seumuran mereka pacaran rasanya terlalu berat untuk dilakukan. Maka dari itu, makna kata sahabat sudah mewakili perasaan mereka masing-masing. Terus selalu bersama dan menjaganya sudah dirasa cukup. Tak perlu embel-embel pacaran. Setelah insiden itu justru mereka semakin dekat. Akari yang mulanya memanggil Touno-kun, setelah insiden itu, berubah menjadi Takaki-kun. Itu merupakan bukti semakin akrabnya mereka.
.
Cobaan persahabatan mereka menjadi kacau saat Akari akan pindah ke Iwafune Tochigi setelah perpisahan nanti. Takaki sulit menerima itu, terlebih mereka sudah berjanji untuk masuk di smp yang sama. Memang sulit tapi mereka harus menghadapinya, toh faktor pindahnya Akari karena pekerjaan ayahnya yang dipindahkan ke Iwafune. Jadi mau tak mau mereka harus menerimanya.
.
Solusi untuk menjaga hubungan itu ialah saling berkirim surat. Menceritakan setiap kejadian yang mereka alami dan perasaan yang mereka rasakan, hal itu membuat Takaki semakin rindu kepada Akari. Sebelum Takaki pindah menuju Kagoshima, dimana tempat itu semakin memperjauh jarak mereka, Takaki memutuskan untuk bertemu dengan Akari. Ia akan pergi ke Iwafune dengan shikansen atau kereta cepat Jepang. Akari cukup menunggu di stasiun Iwafune saja. Perjalanan akan Takaki lakukan setelah sepulang sekolah.
.
Salju turun sangat lebat pada hari-hari yang mereka tunggu. Perjalanan jauh akan dilalui Takaki yang akan menuju Iwafune dengan shikansen. Ia akan dioper kesana-kemari, karena tidak ada shikansen yang langsung menuju Iwafune. Salju disertai badai mulai membuat perasaan Takaki tidak nyaman karena ia telah meminta Akari menunggu di stasiun pukul 7 malam. Namun sekarang jam sudah menunjukkan lebih, perjalanan tertunda karena badai, dan perjalanan juga masih setengah jalan.
Byousoku 5 Centimeter Volume 2
Volume 2.
Di Kagoshima Takaki berteman dengan seorang gadis yang bernama Sumida. Hubungan mereka tidak begitu dekat, akan tetapi Sumida sangat menyukai Takaki. Sumida hendak berkata jujur tentang perasaannya itu, namun Sumida merasa sangat jauh dengan Takaki. Ia memang orang yang sangat baik, ya, Takaki melakukan semuanya, berjalan bersama, pulang bersama, semua itu karena memang sifat baik Takaki terhadap semua orang. Bukan karena ia menyukainya.
"Perasaan dan masa depannya tak karuan, hati memang mudah menghancurkan sesuatu. Namun bisakah hati menjadi senjata politik untuk menghancurkan perasaan lawan? Ya, mungkin itu mustahil, karena politik tidak pernah memakai hati."
Ketika sudah dewasa Takaki bekerja di sebuah perusahaan, namun ia memutuskan keluar karena rasa galau yang ia alami setelah sekian lama tidak pernah mengobrol dengan gadis pujaannya waktu sd, Akari. Ia mengalami down yang sangat berat. Ia candu akan rokok. Ia juga sudah memiliki gadis yang dekat dengannya, akan tetapi ia tetap tidak bisa melampiaskan kebahagiannya kepada gadis itu. Hanya Akari yang membuatnya bahagia, tetapi juga Akari yang membuatnya menjadi seperti itu. Di sisi lain, Akari justru dilamar oleh orang lain.
"Apakah orang lemah digambarkan dengan perasaannya? Apakah orang yang selalu menggunakan perasaannya disebut sebagai orang yang bodoh? Terkadang kita tidak tau siapa kita, terkadang kita tidak sadar apa yang telah kita lakukan. Penyesalan itu menyakitkan, tetapi bagi orang yang menikmatinya, penyesalan adalah kenangan yang indah yang membuatnya belajar."
Menurut penulis manga ini perlu dibeli. Jikapun kesulitan boleh mendownloadnya di beberapa situs komik. Kenapa harus mendownload, tidak baca online saja? Karena menurut penulis manga ini perlu di simpan. Di bacanya berulang kali pun tidak membosankan. Selama menikmatinya sih. Jika ingin download penulis rekomendasikan di komikmax. Karena pertama kali membacanya bersumber pada situs tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search