Mari berdendang & bernyanyi !

____

7/27/2017

Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016)

Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016)
Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016).
Bercerita tentang seorang laki-laki yang kembali setelah meninggalnya ayahnya. Tawara Souta hendak kembali ke rumahnya lama yang merupakan warisan dari ayahnya yang sudah tiada tersebut untuk membersihkan rumah tersebut. Sekalian ia ingin berlibur sejenak dari aktifitasnya.
.
Ia bertemu dengan teman masa kecilnya, memakan udon bersama serta mengobrol kembali seperti dulu kala. Ayahnya sangat piawai dalam membuat udon. Nakajima Shinobu yang sangat suka akan udon ayahnya itu menginginkan Souta untuk melanjutkan pekerjaan ayahnya. Namun Souta menolak mentah-mentah ide teman masa kecilnya itu.
.
Setelah mengobrol bersama, Souta hendak menuju rumahnya dulu dengan berjalan kaki sambil menikmati aroma kampung halamannya yang telah lama ia tinggalkan. Tempat dimana ia lahir namun juga merupakan tempat yang ia benci selama ini. Setelah sampai ia memasuki tempat dimana ayahnya membuat udon. Ia melihat seluruh isi di dalam ruangan tersebut. Lalu ada sesuatu yang aneh dalam tempat penyimpanan tepung. Setelah ia buka, ia melihat seorang anak kecil yang tidur nyenyak di dalam tempat itu.
.
Sebelum mengembahas isi ceritanya, akan lebih baik kalau kita terlebih dahulu mengetahui orang-orang yang berada dibalik kesuksesan anime ini. Data yang penulis dapat bersumber wikipedia, myanimelist, dan imdb. Untuk rating sewaktu-waktu dapat berubah. Berikut orang-orang tersebut:

Udon no Kuni no Kiniro Kemari | Poco's Udon World

Directed by | Yoshihide Ibata
Original Run | October 9, 2016 - December 25, 2016
Rating | 7.79 (myanimelist.net) 7.6 (www.imdb.com)
Genres | Slice of Life, Fantasy, Seinen
Written by | Natsuko Takahashi
Music by | Yukari Hashimoto
Studio | LIDENFILMS
Episodes | 12 Episode
Premiered | Fall 2016
Source | Manga
Kesan setelah melihat anime ini adalah "suatu penyesalan akan tetap menjadi penyasalan jika tidak ada perubahan dari sikap kita." Artinya buat apa sih terus-menerus memikirkan penyesalan. Buat apa sih terus-menerus menggalaui penyesalan. Yang ada adalah semakin sedih. Semakin benci. Buang-buang waktu. Memang rasanya sangat menyedihkan. Lagipula tidak ada penyesalan yang menimbulkan rasa bahagia. Maka dari itu, daripada terus-menerus menyesali sesuatu yang ada lebih baik tunjukkan kemampuan yang kita miliki. Tunjukkan potensi yang kita tinggikan dalam diri sendiri. Dan satu hal lagi. Berhati-hatilah dalam bersikap maupun berbicara kepada orang yang kita sayangi, terutama orang tua. Karena setelah mereka tidak ada, Anda akan merasakannya. Penyesalan. Menyesal.
Pemuda bernama Souta pulang menuju kampung halamannya, Kabupaten Kagawa, atau lebih dikenal dengan nama Kabupaten Udon. Siapa sangka ternyata ayah Souta dulu adalah seorang koki yang terkenal karena masakan udonnya sangat enak. Bahkan selalu mendapat respon dan pujian masyarakat luar. Namun sayang, sekarang tidak ada penerus yang melanjutkan usaha ayahnya setelah beliau meninggal dunia.
.
Rumah Souta disini terdapat dua bangunan. Yang satu sebagai tempat tinggal dan yang satunya untuk warung udon ayahnya dulu. Kedua bangunan ini sedikit tua, dikarenakan sudah lama orang-orang menempatinya. Souta beranjak memasuki ruangan ayahnya dulu berekspresi. Kenapa bisa dikatakan berekspresi? Karena membuat udon adalah kegemaran ayahnya. Beliau tidak menganggap itu sulit maupun beban. Justru dengan membuat udon semua beban terasa hilang. Seperti musisi yang memainkan gitarnya. Seperti Yui bernyanyi Tokyo, judul lagunya.
.
Souta buka perlahan pintu tersebut. Semua yang ada di dalamnya tidak berkurang. Peralatan dan bahan-bahan untuk membuat udon masih ada pada tempatnya. Rasanya sedikit tenang. Namun tiba-tiba terdengar suara pada tempat penyimpanan tepung. Ia kaget karena memang tempat itu sedikit menyeramkan. Ia mendekat perlahan-lahan, lalu membukanya dengan pelan. Terlihat seorang anak kecil yang tidur di dalamnya. Anak itu terlihat sangat menikmati tidurnya.
Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016)
Kawaiiii~
Souta menjadi kaget setelah melihat bentuk wujud yang sebenarnya dari anak kecil itu. Ia merasa seperti mimpi. Ini benar-benar bukan kenyataan, ini adalah mimpi. Kalaupun ini nyata mungkin ia hanya berhalusinasi atau pusing kepala. Seperti itulah apa yang ada dipikirannya. Tak mungkin ada seorang manusia, anak kecil lagi, dapat berubah menjadi seekor tanuki. Souta menjadi ketakutan melihatnya.
.
Setelah membiarkannya kehujanan ditambah perut anak itu yang terus berbunyi kelaparan, Souta menjadi iba melihatnya. Apalagi ia sering mengambil hasil dari ladang orang lain, yang membuatnya menjadi kejar-kejaran warga, termasuk nenek yang menyeramkan tetangga Souta. Karena hal itu Souta memutuskan untuk membiarkan anak itu datang kerumahnya. Artinya pintu rumah Souta selalu terbuka untuk anak yang dapat berubah menjadi tanuki tersebut. Anak itu langsung memeluk Souta, lucu sekali.
.
Mereka berdua semakin akrab saja setelah itu. Apalagi setelah Souta pergi ke kota dan membelikan pakaian untuk anak itu. Karena setelah itu muncul lan nama Poco untuk anak itu. Ceritanya bermula Souta yang sedang memilihkan baju untuk Poco, namun tiba-tiba Poco terlempar karena ditabrak oleh gadis kecil yang bernama Nozomi. Ibu Nozomi yang melihatnya pun kesal dengan sikap Nozomi, ibunya langsung membantu mendiamkan Poco yang saat itu menangis. Tanpa disadari ternyata ibu Nozomi mengenal Souta. Hal itu membuat Souta kaget bukan main karena ternyata gadis itu adalah gadis yang pernah membuatnya malu dan menangis saat di stasiun dan di dalam kereta.
.
Subuh-subuh belum ada Nakajima datang ke rumah Souta untuk mengajaknya memancing dengan perahu. Namun Souta menolak, karena kalau dia pergi siapa yang akan menjaga Poco, Poco sendiri juga tidak mau pergi naik perahu. Mendengar hal itu pertemuan pertama Nakaji dengan Poco menjadi buruk. Nakajima menjadi kesal karena Poco, Souta menjadi tidak bisa bermain. Mau tak mau Souta harus ikut memancing, karena dirinya sudah jauh-jauh datang ke rumah Souta untuk mengajaknya keluar.
.
Jalan tengahnya adalah dengan memancing di Mercusuar. Tempat dimana Souta dan Nakajima pernah memancing juga sebelum berangkat ke sekolah. Dan saat itu sebelumnya Souta telah membuatkan blog untuk Nakajima agar setiap hasil memancingnya akan dipos melalui blognya. Dan disana juga Souta mengungkapkan bahwa ia akan pergi ke Tokyo untuk mempelajari lebih lanjut tentang web desain, sebuah hobi yang ia sukai.
.
Ada seorang wanita yang masuk ke dalam rumah Souta. Dia adalah Rinko-san, kakak dari Souta. Tujuan Rinko datang adalah membersihkan rumah ayah mereka yang sangat berantakan. Karena rumah tersebut hendak dijual oleh seseorang. Walaupun begitu, Rinko maupun Souta masih ragu untuk melakukannya. Karena bagi mereka berdua rumah ini memiliki kenangan yang sangat berharga. Kenangan yang tidak akan pernah hilang dari pikiran mereka. Tempat mereka dibesarkan dan tempat manjanya mereka sewaktu kecil.
.
Selain itu Rinko juga berusaha mengajak mereka untuk pergi keluar sekalian menyegarkan diri. Tempat tujuannya ialah Yashima. Dan inilah yang membuat Souta menjadi takut. Karena Yashima ini sendiri penuh dengan gambaran maupun patung tanuki. Mungkin ikon tempat itu adalah Tanuki. Sedangkan Poco sendiri adalah manusia yang dapat berubah menjadi tanuki. Atau sebaliknya, tanuki yang dapat berubah bentuk menjadi seorang bocah kecil yang lucu. Mungkinkah Poco berasal dari tempat itu?
.
Hari ini Souta berencana ke sekolah sma nya dulu. Ia mengajak Nakajima dan membawa Poco juga. Awalnya ia berniat untuk membuat video reunian untuk teman sma nya dulu. Namun lama-lama disana membuat mereka bernostalgia saat dahulu muda. Apalagi Nakaji yang suka menyimpan buku bokep di lubang pohon. Souta merasa bersalah, jauh di dalam hatinya ia sangat menginginkan untuk datang ke reunian kelas. Karena setelah ia pergi ke Tokyo ia merasa menjauh dengan mereka, kecuali dengan Nakaji. Ia tidak pernah pergi selama reunian kelas diadakan. Maka dari itu ia merasa menyesal. Ia masih ingin bertemu dengan mereka, teman-teman kelasnya. Dan rasa penyesalannya itu akan ia bayar dengan membuat video reunian tersebut. Karena Souta ingin kembali mengenang tempat itu dan juga masa itu.
.
Setelah dari sekolah mereka, kini Nakaji mengajak Souta dan Poco untuk pergi. Hal ini sebagai balasan karena Souta telah mengajaknya ke sma karena urusannya. Sekarang giliran Souta. Dan tempat tujuannya adalah rumah orang tua Nakaji. Dilihat-lihat Nakaji dan ayahnya memang tidak begitu akrab. Mereka selalu memperdebatkan sesuatu. Yaah namun keadaan sedikit mereda setelah mereka mandi di pemandian air panas bersama dengan Souta dan Poco. Dan tentu saja gara-gara Poco ada juga semua menjadi semakin dekat.
Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016)
Dont be sad please!
Karena ditelpon mendadak oleh rekan kerjanya, Souta memutuskan pergi ke Tokyo dan tidak lupa turut membawa Poco. Di Tokyo niat sebenarnya Souta adalah memperpanjang cutinya dikarenakan saat ini ia harus merawat Poco. Namun melihat situasi yang tidak begitu baik, Souta memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaannya sebelum deadline.
.
Terlihat dengan jelas bahwa Poco tidak menyukai keadaan tersebut. Ia seperti sedang melamun, meratapi nasib, walaupun begitu tampangnya tetap menggemaskan. Hanya saja moodnya tidak baik. Jika dilihat-lihat rasanya sangat tidak menyenangkan melihat wajah poco yang begitu, walaupun ada sisi imutnya. Yaah Poco benar-benar tidak sesuai untuk tempat yang seperti Tokyo. Kota ini terlalu sibuk. Seperti apa yang dinyanyikan Yui dalam lagunya yang berjudul Tokyo.
.
Tiba-tiba Poco tergeletak. Telinga Tanukinya muncul. Untuk saja saat itu sudah berada di apartemen. Souta kebingungan saat itu. Badannya Poco panas sekali. Souta ingin membawanya ke rumah sakit, namun ia takut jika orang-orang rumah sakit menyadari bahwa Poco bukanlah seorang manusia, melainkan seekor tanuki yang dapat merubah bentuk menjadi seorang anak kecil. Ia berusaha menghubungi Nakajima, namun nomornya tidak dapat dihubungi.
.
Setelah menyelesaikan pekerjaannya yang telah dikejar deadline dan juga setelah itu mengundurkan diri, Souta memutuskan untuk kembali ke Kagawa setelah melihat Poco yang nampaknya tidak betah di Tokyo. Di Kagawa Souta menjadi pengangguran karena belum mendapatkan pekerjaan. Tiap hari yang ia lakukan hanyalah bersih-bersih, menyiapkan makan, tidur, bangun lagi, seperti itu terus. Suatu malam Manabe, teman sma nya dulu menelpon. Lalu dia diajak olehnya untuk mendatangi acara Gaogao. Namun Manabe tidak bisa datang karena anaknya yang paling kecil harus melakukan pemeriksaan rutin. Maka dari itu Souta dan Poco hanya akan ditemani oleh Nozomi saja. Walaupun begitu mereka telah menghabiskan banyak waktu yang menyenangkan. Ditambah rasanya aneh telah melihat seorang biksu yang dapat bermain DJ.
.
Setelah mendapat telpon dari Dahama-san yang menjelaskan bahwa ada pekerjaan di Shodoshima, Souta langsung bergegas ke sana bersama dengan Poco. Dan disinilah Poco menghilang. Awalnya Souta datang di tempat kerja Tim Planet, pekerjaan yang direkomendasikan oleh Dahama-san. Namun karena bos disana tidak ada Souta memutuskan untuk berkeliling terlebih dahulu dengan Poco. Mereka mengunjungi pantai. Namun Souta ketiduran saat itu, dan saat ia terbangun ia melihat Poco tidak ada lagi disana.
.
Souta berlari-lari untuk terus mencarinya namun tetap saja tidak ketemu. Hiroshi dan Saeki, orang yang ada di dalam kantor Tim Planet tadi, turut mencari Poco. Dimanapun Souta terus mencarinya, Siapapun orang yang ia tanyai, tetap saja tidak ada yang jelas mengenai keberadaan Poco sekarang. Tetapi ia tidak lelah mencarinya. Karena Souta khawatir jika ada orang lain yang melihat Poco dalam bentuk bertelinga dan berekor, atau bahkan dalam bentuk wujud rakun, ia khawatir orang lain itu menangkapnya.
.
Setelah mengetahui bahwa kakak Souta, Rinko, sudah menikah, Hiroshi pergi ke rumah Souta. Sontak Souta yang baru saja datang dari Shodoshima kaget melihatnya. Yaah Hiroshi belum bisa menerima kenyataan itu, Poco berusaha menghiburnya dengan boneka Gaogao yang dapat berbicara. Walaupun begitu tetap saja Hiroshi menginginkan obat yang lebih manjur. Dan obat itu adalah memakan udon. Melihat depan rumah Souta adalah warung udon peninggalan ayahnya, Hiroshi ingin Souta membuatkan udon. Awalnya Souta menolak karena dia memang tidak bisa membuat udon. Namun karena Poco juga ingin membuat udon juga apa boleh buat.
.
Yosh mereka berusaha membuat udon sesuai dalam buku catatan yang telah ayah Souta buat. Ditambah berdasarkan pengalaman dan penglihatan Souta ketika melihat ayahnya membuat udon. Rasanya sangat mengasyikkan. Souta terlihat berpengalaman sekali dalam membuat ini. Hal itu membuat Hiroshi kagum. Memang Souta terlihat ahli, namun apakah hasilnya sepadan dengan apa yang ia kerjakan? Membuat udon juga membuatnya nostalgia ketika ia kecil yang saat itu masih mengagumi ayahnya dan ingin menjadi seperti ayahnya, yaitu pembuat udon. Rasanya menjadi rindu.
.
Namun inti permasalahannya bukanlah hasil itu maupun kenangan dari Souta. Poco yang tiba-tiba mengeluarkan telinga dan ekornya lah yang menjadi masalahnya. Souta takut Hiroshi dapat melihat ini lagi dan dia tidak dapat mengelabuinya. Karena saat ini Poco tidak dapat mengendalikan perubahannya itu. Itulah masalah utamanya saat ini. Bagaimana ini?
Udon no Kuni no Kiniro Kemari - Poco's Udon World (2016)
Once upon a time.
Untuk memperingati hari meninggalnya ibu Souta, Rinko datang kembali di rumah Souta. Mereka membereskan rumah, walaupun hanya Rinko dan Souta saja yang membersihkannya. Nakajima dan Poco hanya bermalas-malasan dan bermain. Setelah itu giliran acara memasak. Kali ini Rinko berniat untuk memasak, walaupun banyak yang menentangnya tapi apa boleh buat. Souta menyerahkannya kepada Rinko, kakaknya. Yaah walaupun masih ada ragu-ragunya sedikit.
.
Makanan sudah siap, namun Souta dan Nakajima belum siap memakannya. Mereka masih meragukan masakan dari Rinko. Justru Poco yang semangat memakannya. Namun beberapa menit kemudian Poco terlihat tidak sehat ngoahaha. Poco terlihat diam saja dengan wajah yang pucat. Seperti keracunan. Setelah mencobanya Nakajima menjadi mengerti apa yang saat ini dirasakan oleh Poco. Souta menjadi sedikit kesal kepada kakaknya hingga keluarlah kata-kata yang menyakitkan. Yaah sangat menyakitkan bagi Rinko. Rinko pergi keluar, Nakajima mengikutinya. Hal ini membuat mereka menjadi ingat akan masa lalu, dimana Souta sedang berada di rumah sakit, dan Nakaji yang menenangkan Rinko. Mungkin Nakaji menyukai Rinko.
.
Saat itu Souta menemukan sebuah album foto disebuah lemari yang telah berantakan karena ulah Poco. Namun disamping ulahnya yang nakal itu, Poco kembali membuat Souta mengingat masa lalunya. Di dalam album foto itu ada banyak sekali foto tentang Souta, Rinko, Ayah dan Ibu. Mulai dari Souta dan Rinko yang masih kecil hingga mereka lulus sma. Semua ada disana. Lagi-lagi Poco membuat Souta merindukan masa lalunya. Merindukan suasana Kagawa dulu yang tak pernah ia sadari betapa indahnya.
.
Saat itu di Kagawa sedang ada Takamatsu Festival. Kalau tidak salah itu adalah festival saat musim panas. Handphone Souta berdering. Saeki Manabu, presdir dari tim planet menelponnya. Ada sebuah pekerjaan untuk Souta, yaitu membuat siaran langsung di web dengan bantuan Souta. Toh Souta terampil dalam web desain. Maka dari itu Manabu membutuhkannya. Tentu saja ini hal yang menyenangkan. Selagi Poco bermain dengan Gaogao, Souta dapat bekerja dengan tenang.
.
Sorenya barulah mereka pergi ke Festival Takamatsu. Mereka berdua pergi dengan Manabe dan kedua anaknya, Nakajima, dan juga Rinko. Sebelum berangkat ke Festitaval Takamatsu, Souta memutuskan untuk membesarkan Poco. Hal itulah yang dikatakan Souta kepada kakaknya, Rinko. Karena tempo hari Rinko mengkhawatirkan hubungan antara Souta, Poco, dan keluarga Poco. Jadi sudah diputuskan Souta akan menjadi ayah dari Poco. Dan Poco akan selalu ada disisinya selamanya.
.
Disaat-saat kembang api menyala dan memberikan warna yang indah di langit, tiba-tiba saja Poco mengeluarkan ekornya. Souta tidak tau harus bagaimana lagi. Semua orang sudah melihatnya. Poco berlari menghindar dari ramainya momen kembang api itu. Di pihak lain, Souta mengejarnya. Ia tau Poco telah melanggar janji untuk tidak menunjukkan wujud aslinnya kepada orang lain selain dirinya. Namun untuk saat ini janji itu sudah tidak berlaku lagi. Untuk saat ini dan kedepannya janji itu tidak digunakan lagi. Dirinya telah menerima apa adanya Poco. Dan setelah inilah ada alasan kenapa Poco menunjukkannya kepada Souta. Menunjukkan bentuk tubuhnya hanya kepada Souta.
.
Ingin mendownload anime ini? Penulis rekomendasikan untuk mengunjungi situs: www.kertashitam.com, karena situs tersebut adalah tempat kami (penulis dengan anime ini) pertama kali bertemu. Kemungkinan penulis memilih situs itu karena mereka berada di top alias peringkat satu di google saat penulis mencari anime ini. Mungkin karena situs ini tidak terlalu berat alias bersahabat dan menjadikannya masuk di halaman pertama dan peringkat teratas. Jadi silahkan coba dan selamat menyaksikan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Subscribe

Histats

Tags

New Post

OST. Our Beloved Summer (Drama, Korea) - Albums, dan Lirik Lagu

Our Beloved Summer menceritakan tentang Choi Woo-shik dan Kim Da-mi yang pernah berpacaran lama. Mereka putus di usia 24. 5 tahun kemudian m...

Search